Assessment 3 Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP)


Assessment Kajian 3 matakuliah DAH2F3 Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP) berbentuk laporan dari hasil kunjungan industri.

Tujuan Tugas:

Menguraikan implementasi Sistem Informasi pada umumnya atau Sistem Informasi Terintegrasi (Enterprise Resource Planning) pada khususnya untuk membantu melaksanakan proses bisnis di perusahaan.

Uraian Tugas:

    1. Objek garapan: Observasi dengan cara kunjungan industri. Industri dapat berbentuk penyedia jasa IT yang membantu perusahaan lain dalam mengimplementasikan Sistem Informasi pada umumnya atau Sistem Informasi Terintegrasi (Enterprise Resource Planning) pada khususnya untuk membantu melaksanakan proses bisnis di perusahaan lain.
    2. Yang harus dikerjakan dan batasan-batasan: Ketentuan kunjungan Industri PSDP dapat dilihat di  https://goo.gl/MYP5yL dengan password kode matakuliah.
    3. Metode/cara mengerjakan, acuan yang digunakan Untuk Panitia
        1. Proposal dan Laporan Kunjungan Industri merupakan tugas kelas, sesuai kontribusi dari kelompok tim dalam kelas.
        2. Batas konsultasi proposal adalah minggu ke-5 kegiatan belajar mengajar.
        3. Batas persetujuan Proposal Kunjungan Industri adalah minggu ke-7 kegiatan belajar mengajar.
        4. Batas pengumpulan Laporan Kunjungan Industri adalah 14 hari setelah pelaksanaan kunjungan industri.
        5. Sistematika proposal: 2017-2 Template Proposal Kunjungan Industri klik untuk download
        6. Sistematika LPJ: 2017-2 Template LPJ Kunjungan Industri v2 klik untuk download
        7. LPJ melampirkan
          1. Lampiran 1: Surat Pemohonan Kunjungan Industri
          2. Lampiran 2: Proposal Kunjungan Industri (docx, pdf)
          3. Lampiran 3: Konfirmasi dari Perusahaan
          4. Lampiran 4: Berita Acara Benchmark (docx, pdf) klik untuk download
          5. Lampiran 5: Daftar Hadir Pembicara (docx/xlsx, pdf) dan CV
          6. Lampiran 6: Daftar Hadir Peserta (docx/xlsx, pdf) klik untuk download
          7. Lampiran 7: Sertifikat Peserta dan Panitia: optional (template dan scan hasil)
          8. Lampiran 8: Sertifikat Pembicara : optional (template dan scan hasil)
          9. Lampiran 9: Materi/Modul dari Industri (jika ada)
          10. Lampiran 10: Materi/Modul dari Panitia
          11. Lampiran 11: Resume Materi Peserta
          12. Lampiran 12: Kuesioner (template/print screen dari google form dan Rekap hasil)
          13. Lampiran 13: Pertanggungan Anggaran
          14. Lampiran 14: Foto dan Video
    4. Metode/cara mengerjakan, acuan yang digunakan Untuk Setiap mahasiswa
        1. Paper ringkasan kunjungan industri merupakan tugas individu, berbentuk paper (jurnal) dan slide
        2. Template Paper ringkasan kunjungan industri dapat diunduh disini https://goo.gl/e0s3Wh
        3. Sistematika ringkasan: Abstrak, Pendahuluan, Metode Penelitian, Pembahasan, Kesimpulan
          Pendahuluan: jelas pada template
          Metode Penelitian: Nama metode adalah observasi. Isi pada bagian ini: nama dan alamat objek penelitian; waktu dan lama pelaksanaan; lokasi spesifik tempat, divisi/unit observasi; jumlah, nama dan jabatan narasumber.
          Pembahasan: berisi penjelasan atas kegiatan penelitian yang dilakukan dan memuat perbandingan siklus SAP dibandingkan dengan kegiatan observasi yang dilakukan.
          Kesimpulan: jelas pada template
        4. Jumlah halaman 6-8 halaman (tidak lebih, tidak kurang)
        5. Format penulisan, sesuaikan dengan template. Tidak boleh ada perubahan format penulisan dari template.
        6. Tugas dikumpulkan via email atau google drive atau posting blog* yang sudah dishare ke email mahasiswa. Nama file dan subject email: Kelas Nim Nama Kunjungan Industri. *) diinformasikan oleh dosen kelas.
        7. Penilaian softskill dapat diakses di http://isoftskill.tass.telkomuniversity.ac.id/. Penilaian softskill dosen matakuliah, teman kelompok, dan diri mahasiswa sendiri. Username: <nim>/<kode dosen>, Password: dikirimkan ke email masing-masing mahasiswa. Tidak ada penilaian softskill pada TA 2017/2018.
        8. Batas pengumpulan paper (jurnal) adalah 7 hari setelah pelaksanaan kunjungan industri. Batas pelaksanaan presentasi Ringkasan kunjungan industri adalah selambat-lambatnya pada minggu ke-16 kegiatan belajar mengajar.
    5. Deskripsi Luaran Tugas yang dihasilkan /dikerjakan
        1. Proposal Kunjungan Industri (1 proposal 1 kelas)
        2. Laporan Kunjungan Industri (1 laporan 1 kelas)
        3. Ringkasan kunjungan industri (individu), berbentuk Paper(jurnal) dan slide
        4. Template Paper ringkasan kunjungan industri dapat diunduh disini https://goo.gl/e0s3Wh
        5. Template dapat diunduh disini https://goo.gl/e0s3Wh
        6. Sistematika ringkasan: Abstrak, Pendahuluan, Metode Penelitian, Pembahasan, KesimpulanPendahuluan: jelas pada templateMetode Penelitian: Nama metode adalah observasi. Isi pada bagian ini: nama dan alamat objek penelitian; waktu dan lama pelaksanaan; lokasi spesifik tempat, divisi/unit observasi; jumlah, nama dan jabatan narasumber.Pembahasan: berisi penjelasan atas kegiatan penelitian yang dilakukan dan memuat perbandingan Organizational Element, Master Data, Siklus SAP, dll dibandingkan dengan kegiatan observasi yang dilakukan.Kesimpulan: jelas pada template.

Versi doc dapat diunduh disini
ERP-D Assessment Workbook 2016-2 Assessment ke-3
ERP-D-Assessment-Workbook-2017-2-Assessment-ke-3

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *