RANCANGAN TUGAS PEMBELAJARAN
(Prodi Komputerisasi Akuntansi, Fakultas Ilmu Terapan, Nopember, 2015)
download file KA2113 ERP Dasar – MDA – RANCANGAN & PENILAIAN TUGAS
NAMA MATA KULIAH | : | Enterprise Resource Planning Dasar |
KODE MATA KULIAH / SKS | : | KA2113/ 3 SKS |
DEPKRIPSI SINGKAT | : | Mata kuliah Enterprise Resource Planning Dasar memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai sistem informasi untuk memfasilitasi pengelolaan sumber daya perusahaan melalui pengintegrasian proses-proses lintas area fungsional (Pembelian, Produksi, Pemasaran, Akuntansi dan Sumber Daya Manusia) dalam perusahaan. |
STANDAR KOMPETENSI | : | Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat menerapkan proses level operasional dari setiap area fungsional dalam perusahaan pada sistem enterprise resource planning (ERP). |
DESKRIPSI TUGAS (1)
1. Tujuan Tugas | : | Memahami keluasan penggunaan konsep Enterprise Resource Planning berdasarkan studi literature dan/atau survey industry. | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
2. Uraian Tugas | : | Obyek:
Artikel Ilmiah dalam format Jurnal Publikasi Ilmiah
Tugas: Mahasiswa membuat artikel ilmiah untuk mengeksplorasi konsep dan/atau penggunaan ERP berdasarkan literature dan/atau studi kasus.
Metode/Cara pengerjaan tugas: Studi literature dan/atau survey lapangan
Batasan: 1. Tugas ini merupakan tugas kelompok. 2. Setiap kelompok terdisi dari 6-8 mahasiswa. 3. 1 tema dapat dikerjakan oleh maksimal 2 kelompok. 4. 1 kelompok membuat 1 artikel ilmiah. 5. Komponen artikel yang dimuat dalam jurnal adalah (1) judul, (2) nama penulis, (3) abstrak dan kata kunci, (4) bagian pendahuluan, (5) metode penelitian, (6) pembahasan, (7) simpulan dan saran, serta (8) daftar pustaka. 6. Template dan aturan penulisan artikel dapat dilihat dibagian Aturan Jurnal di http://dac.telkomuniversity.ac.id/proyek-akhir/ 7. Literatur Review: a. Literatur berasal dari jurnal terpublikasi 5 tahun terakhir b. Jumlah judul literature adalah minimal 10 x jumlah anggota kelompok. c. Literature yang sama tidak boleh digunakan lagi oleh kelompok yang lain. 8. Case Study: a. Syarat subject survey sudah memiliki surat ijin usaha. b. Jumlah tempat survey adalah minimal 5 x jumlah anggota kelompok. c. Membuat daftar pertanyaan/kuesioner dengan indikator minimal lihat dilampiran dan menambahkan 5 indikator lagi. 9. Tugas dikumpulkan via email ke [email protected] dengan subject email: Tugas ERP D3KA-38-##, isi email terdiri dari salam pembuka, isi keperluan email dan nim-nama anggota kelompok, salam penutup, dan identitas pengirim. Attachment yang disertakan: a. Literature Review: Artikel, dan Seluruh sumber literature b. Case Study: Artikel, Kuesioner, Rekapan kuesioner yang telah diisi (Excel), dan Foto-foto.
Daftar Tema: Kelas D3KA-38-01 1. Case Study: ERP Readiness Assessment in SME (Garment/Butik Industry) 2. Literature Review: ERP Failure Factor 3. Literature Review: ERP Readiness Factor
Kelas D3KA-38-02 1. Case Study: ERP Readiness Assessment in SME (Shoes Industry) 2. Literature Review: ERP Failure Cases 3. Literature Review: ERP Risk/Risk Management 4. Literature Review: ERP History and Current Development
Kelas D3KA-38-03 1. Case Study: ERP Readiness Assessment in SME (Foods/Restaurant/Cafe Industry) 2. Literature Review: ERP Key Success Factor 3. Literature Review: Cloud ERP
Kelas D3KA-38-04 1. Literature Review: ERP Adoption in Small Medium Enterprise (SME) 2. Literature Review: Impact of ERP usage and benefit 3. Literature Review: ERP Audit 4. Case Study: ERP Readiness Assessment in SME (Woods Industry)
Pelaksanaan: diluar kelas Maksimal 2 Desember 2015 |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||
3. Kriteria Penilaian | : | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
DESKRIPSI TUGAS (2)
1. Tujuan Tugas | : | Memperkuat pemahaman proses bisnis dalam sistem enterprise resource planning (ERP) dengan menerapkan studi kasus dalam SAP sistem. | ||||||||||||||||
2. Uraian Tugas | : | Obyek:
Simulasi bisnis
Tugas: 1. Tugas perorangan 1. Mahasiswa melakukan registrasi pada software simulasi bisnis 2. Mahasiswa melakukan proses simulasi bisnis dalam 2 pertemuan
Metode/Cara pengerjaan tugas: Simulasi bisnis menggunakan software simulasi bisnis
Batasan: Penilaian dilakukan pada pertemuan ke-2 simulasi bisnis.
Pelaksanaan: di kelas Pertemuan ke-26 dan ke-28
|
||||||||||||||||
3. Kriteria Penilaian | : | . | ||||||||||||||||
. |